Sunday, January 13, 2013

Relevant Cost


Oleh: Rofiqotul Jannah
Prodi Ekonomi Syariah, Universitas Yudharta Pasuruan


Biaya relevan adalah biaya yang akan mempengaruhi pengambilan keputusan, oleh karena itu biaya tersebut harus diperhitungkan di dalam pengambilan keputusan.
b. Biaya tidak relevan (Irrelevant cost)
Biaya yang tidak relevan adalah biaya yang tidak mempengaruhi pengambilan keputusan, oleh karena itu biaya ini tidak perlu diperhitungkan atau dipertimbangkan dalam proses pengambilan keputusan.
Penggolongan biaya atas dasar tendensi perubahan terhadap aktivitas tertentu sangat penting dalam proses perencanaan laba. Biaya ini dikelompokkan menjadi biaya tetap, biaya variabel dan biaya semi variabel. Untuk kepentingan analisis break even, biaya semi variabel akan di analisis lebih lanjut ke dalam biaya tetap dan biaya variabel.

Biaya relevan dapat digunakan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan bisnis. Biaya relevan ini sangat berperan bila perusahaan dihadapkan pada masalah pilihan yang cukup pelik antara menerima atau menolak, antara menghentikan atau melanjutkan, antara membeli atau membuat, atau antara dijual di titik pisah atau setelah titik pisah dan sebagainya.


Cara menentukan apakah biaya tersebut relevan =
Faktor peranan biaya yang berbeda dari berbagai alternative. Keputusan yang diambil dari berbagai alternative tersebut menghasilkan dampak yang berbeda maka biaya tersebut dikategorikan sebagai biaya relevan.
Biaya yang dapat dihindarkan dengan memilih satu alternative pilihan

Ilustrasi:

Salah satu konsep biaya relevan yang diangkat pada posting kali ini adalah special order atau pesanan khusus.
Sepeda dimodifikasi sebanyak 100 unit dengan harga Rp. 179.000 per unit, sedangkan harga normal sepeda sebesar Rp. 249.000 dengan biaya produksinya sebesar Rp. 182.000 per unit dengan perincian :

Bahan langsung======== Rp. 86.000 per unit
Tenaga kerja langsung=== Rp. 45.000 per unit
Overhead pabrik======= Rp. 51.000 per unit
Biaya produksi sebesar=== Rp. 182.000 per unit

Bagaimana keputusannya apakah pesanan khusus tersebut diterima ?

Jawaban:
Ternyata setelah kita cek kapasitas masih memungkinkan untuk memproduksi 100 sepeda lagi dan dampaknya ke biaya adalah:
Overhead pabrik sebesar Rp. 51.000 per unit tersebut, overhead pabrik variabel per unit adalah sebesar Rp. 6.000 dan ada tambahan biaya variabel sebesar Rp. 17.000 per unit serta tambahan biaya tetap sebesar Rp. 1.200.000.
Pesanan khusus tersebut ternyata menguntungkan karena ada total tambahan laba neto sebesar Rp. 1.300.000 dengan perhitungan sebagai berikut :

Penjualan=======================Rp. 17.900.000
Tambahan biaya:
Biaya variabel:
Bahan langsung========= Rp. 8.600.000
Tenaga kerja langsung==== Rp. 4.500.000
Overhead pabrik variabel== Rp. 600.000
Modifikasi khusus========Rp. 1.700.000+
Biaya variabel==========Rp. 15.400.000

Biaya Tetap=========== Rp. 1.200.000 +
total tambahan biaya================ Rp. 16.600.000 -
Penambahan laba bersih==============Rp. 1.300.000

Referensi:
http://www.resumeakun.com/2009/01/biaya-relevan.html
http://blog.stie-mce.ac.id/istutik/2011/05/12/peran-relevant-cost-dalam-pengambilan-keputusan-taktis/

No comments:

Post a Comment