Wednesday, November 7, 2012

Relevant Cost


Luqman Zainal Abidin
Ekonomi Islam/2011

Diferensial Cost
Selisih biaya total antara alternative, dihitung untuk membantu dalam pengambilan keputusan.
Ini juga disebut denga biaya tambahan, biasanya ketika ada pilihan antaa mempertahankan status quo atau mengambil tindakan positif. Misalnya, memperkenalkan system bonus, akan memerlukan biaya tambahan tetapi melalui kinerja yang baik, pada akhirnya akan menghasilkan suatu arus kas masuk tambahan.

Opportunity Cost
Jika suatu keputusan sudah dibuat untuk melaksanakan salah satu alternatif, maka manfaat alternatif-alternatif lainnya akan lepas dari tangan. Manfaat yang lepas karena ditolaknya pilihan yang lain disebut kesempatan atau opportunity cost dari pilihan yang telah dibuat itu.
Karena biaya kesempatan itu tidak benar-benar dikeluarkan maka tidak dicatat dalam pembukuan. Namun biaya ini merupakan biaya yang relevan untuk pengambilan keputusan, dan harus dipertimbangkan didalam mengevaluasikan sesuatu alternatif yang dihadapi.
Untuk itulah diperlukan suatu metode perkiraan persediaan yang tepat yang dapat menekan biaya pemilikan (carrying cost) dan sekaligus menekan kemungkinan kekosongan persediaan sampai batas minimum.

Sunk Cost
Sebuah biaya masa lalu tidak secara langsung relevan dalam pengambilan keputusan
Sunk cost adalah biaya yang dlaam situasi tertentu tidak dapat diperoleh kembali. Pengeluaran yang telah dilakukan pada masa lalu, semuanya tidak dapat diperoleh kembali.

Sort-Long Cost
Penggunaan konsep relevan untuk keputusan penentu tingkat output dan harga secara tepat, membutuhkan suatu pemahaman tentang hubungan antara biaya dan output suatu perusahaan atau dengan kata ;ain fungsi biayanya tergantung pada fungsi produksi perusahaan dan fungsi penawaran pasar dan input-input yang digunakan perusahaan tersebut.

An Avoidable Cost
Biaya spesifik dari suatu kegiatan atau sektor bisnis yang akan dihindari jika kegiatan atau sector tidak ada.
Jika pabrik memutuskan untuk menghemat uang, katakanlah menutup bagian dari fasilitas produksi, perlu untuk memeriksa setiap elemen biaya dalam hal apakah biaya yang dapat dihindari atau tidak. Dalam jangka panjang, semua biaya yang pada akhirnya dihindari, tetapi dalam jangka pendek, biaya banyak yang tidak relevan. Misalnya, menutup bagian dari pabrik mungkin menghindari biaya pemanasan, pencahayaan dan pembersihan, meskipun dalam jangka pendek, biaya sewa, pajak property, keamanan dan pemliharaan mungkin masih akan terjadi.

Nasional Cost
Biaya nasional dimaksudkan untuk membuat keputusan internal membuat lebih realistis dengan mengasumsikan bahwa biaya dari semua sumber daya yang dikonsumsi mencerminkan nilai ekonomi secara penuh. Biaya nasional biasanya digunakan untuk mengisi pusat tanggung jawab dengan “pasar sewa”, dimana bangunan telah dibeli secara freehold. Mekanisme semacam itu membantu untuk memfokuskan perhatian menejemen pada pembuatan penggunaan terbaik dari ruang sehingga ruang surplus di seluruh prganisasi mungkin kemudian dijual atau disewakan kepada pengguna lain. Bunga nasional sering dikenakan untuk penggunaan data internal.

Refrensi :
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www2.accaglobal.com/archive/sa_oldarticles/13929

Nlai : 85

No comments:

Post a Comment