Monday, April 8, 2013

EKONOMI GLOBAL

Perekonomian dunia mengalami perubahan sejak tahun 2000-an. Perubahan dan erkembangan ini dikenal orang dengan istilah  globalisasi. Globalisasi  terjadi pada kegiatan finansial, produksi, investasi perdagangan yang kelak berpengaruh pada hubungan antar bangsa dan hubungan antar individu dalam segala aspek kehidupan. Hubungan antar bangsa menjadi lebih saling tergantung  yang bahkan menjadikan ekonomi dunia menjadi satu jaringan sehinga batas antar negara dalam kegiatan bisnis seolah tidak ada lagi (borderless world).

Pada umumnya negara di dunia menghadapi perkembangan tersebut dengan melakukan langkah penyesuaian baik dalam wilayah regional maupun masing individu negara yang kecenderungannya mengarah kepada proteksionisme. Hal terlihat jelas dengan munculnya blok blok perdagangan yang pada intinya justru melanggar  kesepakatan yang dituangkan dalam WTO.

Globalisasi ekonomi ditandai dengan makin menipisnya  batas-batas investasi  atau pasar secara nasional, regional ataupun internasional. Hal ini disebabkan oleh : (Halwani, 2005 : 194)
  1. Komunikasi dan tranportasi yang semakin canggih,
  2. Lalu lintas devisa yang makin bebas,
  3. Ekononomi negara yang makin terbuka,
  4. Penggunaan secara keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif tiap-tiap negara,
  5. Metode produksi dan perakitan dengan organisasi yang makin efisien,
  6. Semakin pesatnya perkembangan  perusahaan multinasional (MNC) di hampir segala penjuru dunia.

Steiner (1997) menjelaskan bahwa ada tiga faktor yang mendorong terjadinya perubahan global. Pertama, produk nasional kotor (GNP) tumbuh dan meningkat dengan cepat, terutama di negara-negara maju. Kedua, revolusi dalam teknologi komunikasi. Ketiga, kekuatan-kekuatan yang mempermudah  munculnya perusahaan besar berskala  global.

No comments:

Post a Comment